KERJASAMA POLYPROPYLENE BAND MESH (PPBM) SEISMIC TECHNOLOGY DENGAN POLITEKNIK NEGERI PADANG DIBAWAH KOORDINASI UNIVERSITY OF TOKYO – JICA JEPANG

Print
PDF

Politeknik Negeri Padang (PNP) melaui MoU dengan Yayasan Royal Silk (YRS) Yogyakarta dibawah koordinasi University of Tokyo – JICA Jepang, telah melakukan kegiatan untuk pengurangan resiko bencana gempa melalui pemasangan tali polypropylene band mesh (PPBM) teknologi pada dua gedung pustaka di SDN 33 Kalumbuk dan SDN 34 Kuranji, kotamadya Padang, sebagai percontohan untuk bangunan publik aman gempa. Dengan adanya pemasangan tali PPBM ini pada seluruh bagian dinding, balok maupun kolom pada gedung tersebut, diharapkan kalau nantinya terjadi gempa, tali PPBM yang telah teruji pada saat gempa di Nepal 2015 lalu, dan juga telah dikembangkan sejak lama oleh Prof. Kimiro Meguro dari University of Tokyo, Jepang, dapat menahan dinding batu bata dari keruntuhan, sehingga resiko tertimpa lansung keruntuhan material banguan dapat dikurangi, yang berakibat juga mengurangi jumlah korban bencana.

Sebelumnya, pada tanggal 15 Desember 2016, telah diadakan sosialisasi di SDN 34, untuk memberikan penjelasan tentang gempa dan bahayanya serta manfaat penggunaan tali PPBM kepada masyarakat sekitar lokasi sekolah, murid-murid SD dan para guru, serta para undangan dari kecamatan, Dinas Pendidikan, Dinas PU, LPJK, dan PNP. Selanjutnya peresmian penggunaan PPBM teknologi ini juga telah dilaksanakan pada tanggal 8 Februari 2017 lalu, di gedung pustaka SDN 34 Kuranji, oleh Bapak Walikota Padang, University of Tokyo, dan PNP.

Pada tanggal 10 Agustus 2017 lalu, telah diadakan juga acara seminar dan workshop tentang Teknologi PPBM untuk Kontruksi Rumah Aman Gempa bagi Masyarakat Jasa Konstruksi di Sumatera Barat, bertempat di Ruang Pertemuan Bagindo Aziz Chan, Kantor Balaikota Air Pacah Bypass, Padang. Acara seminar ini sendiri merupakan kelanjutan dari rangkaian kerjasama antara Yayasan Royal Yarsilk (YRS) dan selanjutnya disebut Yayasan Rumah Aman Gempa Indonesia (YARAGI) dibawah koordinasi Meguro Laboratory University of Tokyo Jepang dan Japan International Cooperation Agency (JICA) dengan Politeknik Negeri Padang, Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK) Provinsi Sumatera Barat, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang, dan konsultan teknik CV. Saiko Aso Kitto (SAKI), dalam rangka membentuk Laboratorium Polyprophylene Band Mesh (PPBM) Indonesia untuk mengembangkan konsep rumah aman gempa yang tepat guna, murah dan terjangkau dengan menggunakan PPBM, sehingga kedepannya diharapkan masyarakat juga dapat menerapkan metoda ini di rumahnya sebagai bentuk perkuatan dinding bangunan dari bahaya gempa. Pada tanggal 10 Agustus ini, juga telah ditandatangani MoA antara PNP dengan YARAGI, sebagai bentuk telah dilaksanakannya kegiatan pemasangan tali PPBM pada kedua SD di kecamatan Kuranji, serta penyerahan sertifikat Engineer (dalam hal pemasangan dan pengawasan mutu pekerjaan PPBM) dengan hasil Sangat Memuaskan dari Profesor Kimiro Meguro kepada 2 orang dosen dan 1 orang PLP dari PNP, yang terlibat kegiatan ini dari awal yaitu Fauna Adibroto, ST., MT., Etri Suhelmidawati, Dr.Eng., dan Syofiardi, ST.

Dokumentasi-

 

 

 

 

 

 


 

POLITEKNIK NEGERI PADANG

Alamat : Kampus Limau Manis, Padang, Sumatera Barat
Tel : +62 751 72590
Fax: +62 751 72576
E-mail : : pnp@polinpdg.ac.id


 

Banner Pildir 2917

 

Banner Pildir 2917